Perempuan Semakin Terdepan Dalam Persaingan PILWU (Pemilihan Kuwu) Desa Kedokan Bunder Wetan

 

Gambar diambil dari panitia PILWU Desa Kedokan Bunder Wetan 

Kedokan Bunder Wetan, Sabtu, 24 April 2021

Data tahun 2020 dari KOMNAS perempuan bahwa secara global perempuan menunjukan 21% di posisi kementrian yang terdapat dalam empat negara yakni Rwanda, Bolivia, Kuba, dan Saudi Arabia. Pada keempat negara tersebut 50% perempuan juga terdapat di parlemen. Indonesia masih dalam urutan ke sekian daripada keempat negara tersebut.

Dalam catatan sejarah desa Kedokan Bunder Wetan selama ini belum pernah ada perempuan yang mencalonkan diri sebagai Kuwu atau Kepala Desa. Bahkan sepuluh tahun silam saat ada PILWU (pemilihan kuwu) tidak ada yang berambisi mencalonkan diri baik laki-laki maupun perempuan. Berbeda dengan priode sekarang justru ada 4 calon yang maju dalam Pilwu tahun 2021 termasuk di dalamnya ada seorang perempuan. Ini sebuah peningkatan yang sangat signifikan.

Kokom Komariah (43 th) adalah seorang guru honorer di sebuah Madrasah Tsanawiyah swasta di Kedokan Bunder wetan yang mencatat sejarah sebagai perempuan pertama yang maju dalam pencalonan PILWU 2021. Adalah sangat membanggakan oom (panggilan akrabnya) dengan 3 orang anak ternyata seorang putri dari salah satu Kiyai bernama Kiyai Zaenuri (alm) di blok Truwali Kedokan Bunder Wetan.

Semoga ini awal yang baik dalam kancah kesetaraan politik di desa-desa sehingga perempuan tidak hanya selalu di nomor duakan tapi semakin diangkat perannya dalam kesetaraan. Karena warga desa tidak melulu berpenghuni laki-laki dan Ketika perempuan yang menjadi pemimpin setidaknya memiliki rasa empati terhadap sesame perempuan. L

Layaknya sang Kartini pada decade silam, Kokom Komariah adalah pelopor perempuan desa yang berani maju dalam kesetaraan membangun kampung menuju harapan yang diidam-idamkan. Sesuai dengan visi-misinya terwujudnya pelayanan dan pembangunan desa yang partisipatif dan akuntabel.  By: MA  

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antusias dan Kesadaran Para Guru MTs N I Indramayu Dalam Pencegahan Covid-19 di Puskesmas Karangampel

Darma Wanita MTs N I Indramayu Berkarya dan Berkreativitas dari Sampah Bekas